kata kerja bentuk (1,2,3)

Diposting oleh pasarkosmetikmurahjogja on Minggu, 03 Februari 2013

Ketika seseorang baru saja mempelajari bahasa Inggris, mungkin akan bingung dalam memahami kata kerja dalam bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu dalam bahasa Inggris, ada tiga bentuk kata kerja, yaitu verb 1, verb 2, dan verb 3. Nah masing-masing kata kerja tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah fungsinya:
Verb 1
Verb 1 adalah bentuk dasar dari kata kerja dalam bahasa Inggris. Kata kerja jenis pertama ini digunakan ketika akan menuliskan kalimat dalam bentuk simple present (tenses yang digunakan untuk menjelaskan kegiatan saat ini). Contoh penggunaannya adalah dalam kalimat berikut:
I usually go to school at 6.30 am.
He always sleeps late to finish his job.
Disini bisa kita lihat bahwa ada sedikit perbedaan bentuk kata kerja ketika subjeknya adalah orang ketiga tunggal. Disini verb 1 ditambahkan s atau es.
Selain itu verb 1 digunakan setelah modal (kata kerja bantu). Yang termasuk modal adalah will (akan), can (bisa), may (boleh), must (harus). Nah setelah menggunakan modal maka kata kerja yang digunakan adalah bentuk kata kerja yang pertama. Contoh penggunaan dalam kalimat adalah:
I must wake up earlier tomorrow.
She can play guitar well.
Di sini walaupun subjeknya adalah orang ketiga tunggal, kita tidak perlu menambahkan s atau es setelah kata kerja.


Verb 2
Verb bentuk ke 2 digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Verb ini tidak dapat digunakan dalam bentuk kalimat yang lain. Jadi jika anda akan menuliskan peristiwa yang terjadi di masa lampau, gunakanlah kata kerja bentuk ke 2. Contoh penggunaan dalam kalimat adalah:
They visited art museum yesterday.
She drank a glass of milk this morning.
Nah disini apapun subjeknya, verb yang digunakan adalah tetap verb 2 tanpa ada penambahan apapun.


Verb 3
Verb bentuk ketiga ini tidak dapat berdiri sendiri seperti dua kata kerja sebelumnya. Kata kerja ini digunakan dalam perfect tense (tenses yang digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah usai) baik present perfect tense maupun past perfect tense. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:
I have finished my project this afternoon.
She has cleaned her room.
Nah disini verb 3 harus diikuti oleh has atau have. Gunakanlah has untuk subjek ketiga tunggal seperti he, she, dan it.
Itulah sedikit penjelasan dari penggunaan kata kerja dalam bahasa Inggris beserta fungsi-fungsinya. Berikut ini akan dilampirkan beberapa bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang sebaiknya anda ketahui.


Regular Verb
Verb ini bisa diartikan sebagai kata kerja yang beraturan yang berarti kata kerja yang memiliki pola tertentu. Cukup mudah dalam menghafalkan bentuk kata kerja ini karena hanya anda perlu menambahkan –ed saja. Kata-kata kerja yang termasuk regular verb adalah:

Verb 1 Verb 2 Verb 3
Play Played Played
Watch Watched Watched
Visit Visited Visited
Study Studied Studied
Listen Listened Listened
Clean Cleaned Cleaned
Wash Washed Washed
Plant Planted Planted
Nah itu adalah beberapa kata kerja yang termasuk regular verb. Mudah bukan untuk menghafalnya?


Irregular Verb
Verb ini bisa diartikan sebagai kata kerja yang tidak berturan yang artinya kata kerja ini tidak memiliki pola tertentu seperti regular verb. Anda harus menghafalkan bentuknya karena tidak ada suatu pola tertentu dalam kata kerja ini. Berikut adalah beberapa contoh kata kerja yang termasuk irregular verb:
Verb 1 Verb 2 Verb 3
Eat Ate Eaten
Drink Drank Drunk
Go Went Gone
Buy Studied Studied
Sing Sang Sung
Read Read Read
Write Write Written
Sell Sold Sold
Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang kata kerja dalama bahasa Inggris. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda lebih memahami prinsip kata kerja dalam bahasa Inggris. silahkan ikuti ulasan selanjutnya berikut ini tentang kata kerja.


Kata Kerja

Kata Kerja adalah bagian inti dari Tenses Bahasa Inggris. Kata kerja atau Verb pada rumus-rumus Tenses di blog ini, Kata kerja atau Verb ini sering saya singkat V saja. Jadi kalau V+ing artinya sama dengan Verb+ing, sering juga saya tulis sebagai “Ving” saja agar mudah.

Kata kerja dalam bahasa Inggris ada banyak bentuknya: V1, V2, V3, Ving.

Kata Kerja bentuk 1 atau saya singkat V1, yaitu kata kerja dasar, seperti: drink, go, write, read, participate, learn, study, dan sebagainya. Ada kata kerja bentuk ke 2, sering saya singkat V2. Kata kerja bentuk 3 ya V3. Serta Kata Kerja bentuk ING atau saya singkat Ving. Bagaimana cara menggunakan bentuk-bentuk kata kerja tersebut? Ada di masing-masing pelajaran Tenses Bahasa Inggris.

Perubahan Bentuk Kata Kerja

Perubahan bentuk Kata Kerja bentuk 1 (V1) ke bentuk kedua (V2) dan bentuk ke 3 (V2) ada yang beraturan (ada rumusnya) dan ada juga yang tidak beraturan (tidak ada rumusnya). Wah memamg inilah yang membuat bahasa Inggris ini menjadi rumit bagi kita orang Indonesia, haha.

Kata Kerja Beraturan (Regular Verb):

Artinya ya mempunyai keteraturan bentuknya, ada rumusnya misalnya ditambah “D” atau “ED” seperti: live – lived – lived, play, played, played.

Walaupun ada aturannya tetapi aturan perubahan tersebut masih ada beberapa. Daftar kata kerja beraturan ini pun panjang sekali. Saya sarankan Anda mempunyai buku Grammar Bahasa Inggris walaupun yang kecil dan sederhana, biasanya ada di sana. Memang Anda mau menulsinya disini satu per satu?.

Kata Kerja TIDAK Beraturan (Irregular Verb):

Misalnya kata kerja “drink” berturut-turut untuk bentuk ke 1 sampai 3: drink-drank-drunk. Satu contoh lain lagi: break-broke-broken

Masih ingat V1, V2, V3 dan Ving? Jangan lupa apa itu artinya ya, karena akan sering dipergunakan dalam setiap tenses bahasa inggris

Sebuah kata kerja (verb) sering didefinisikan sebagai kata yang menunjukkan tindakan yang dilakukan subyek atau keadaan sekarang. Kata kerja adalah jantung dari kalimat – setiap kalimat harus memiliki kata kerja. Mengenali kata kerja sering merupakan langkah yang paling penting dalam memahami arti dari suatu kalimat. Tidak seperti kebanyakan dari parts of speech lainnya, kata kerja berubah-ubah bentuknya.

sebenarnya ada bermacam-macam verb, tetapi agar tidak terlalu panjang, maka akan dibahas kata kerja pokok saja. yaitu :
1. Finitive Verb (kata kerja biasa)
2. auxiliary Verb (Kata Kerja Bantu)
3. Lingking Verb
4. transitive Verb
5. Intransitive verb
6. regular and Irregular Verb

beberapa contoh kata kerja dalam kalimat bahasa inggris
- Teguh Studies English twice a week. (Teguh belajar bahasa inggris dua kali seminggu)
- She is a scretary (dia seorang sekretaris)
- Mr. Teguh comes from Indonesia (Mr. Teguh berasal dari Indonesia)
- they are happy (mereka senang)



artikel lain

Verb dalam bahasa inggris memiliki definisi kata kerja. Sama seperti bahasa indonesia, dalam bahasa inggris pun mengenal yang namanya kata kerja atau verb. Sudah pasti dalam satu kalimat itu memiliki satu buah kata kerja. Karena syarat dari kalimat atau sentence adalah minimal terdiri dari subject dan verb. Ada subject (pelaku) dan ada verb (kata kerja atau aktivitas) yang dilakukan oleh si pelaku/subject.

Verb terbagi ke dalam beberapa jenis.
1. Verbs dilihat dari segi fungsinya terbagi menjadi dua :
- Auxilary verb : kata kerja bantu. contoh : do, did, have, had
- Ordinary verb : kata kerja asli. contoh : eat, drink, sleep


2. Verbs dilihat dari bentuknya, terbagi menjadi 6 :
1. Bare infinitive : contoh come, eat
2. To infinitive : contoh to come, to eat
3. Additional Infinitive : contoh comes, eats
4. Past Tense : contoh came, ate
5. Past participle : contoh come, eaten
6. Present participle : contoh coming, eating


3. Verb dilihat dari dengan objeknya terbagi menjadi 2 macam:
1. Transitive Verb, kata kerja yang membutuhkan object
contoh : I bring my book
2. Intransitive verb, Kata kerja yang tidak membutuhkan object
contoh : I sleep, I run, I Sit


1. Contoh Verb kata kerja bentuk 1 2 3 - Semua ilmu Ada Disini
dhifanhanifan.bahasa inggrisbahasa inggris/.../contoh-verb-kata-kerja-bent...
2 Okt 2012 – Seperti yang kita tahu dalam bahasa Inggris, ada tiga bentuk kata kerja, yaitu verb 1, verb 2, dan verb 3. Nah masing-masing kata kerja ...
2. Kata Kerja Beraturan – Regular Verb dalam Bahasa Inggris
pengalamanduniamu.bahasa inggrisbahasa inggris/.../kata-kerja-beraturan-...
17 Okt 2012 – 1. ditambahkan 'd' apabila kata kerja tersebut berakhiran 'e' ... 3. ditambahkan 'ied' jika kata kerjanya berakhiran 'y' yang didahului oleh huruf ... Dalam bahasa Inggris, regular verbs atau kata kerja beraturan adalah ... 2. Kalau verb1-nya diakhiri dengan huruf e, maka verb2 dan verb3 ditambahi -d. Contoh: ...
3. Verb 1, Verb 2, Verb 3, Verb-ing | Aji Atlantis
aji-atlantis.bahasa inggrisbahasa inggris/.../verb-1-verb-2-verb-3-verb-ing....
13 Sep 2012 – Verb 1, Verb 2, Verb 3, Verb-ing. Bentuk Verb atau kata kerja dalam bahasa Inggris ada dua macam, "regular verb" atau kata kerja beraturan ...
4. Ulasan Kata Kerja Bentuk 1 2 3 (Verb 1 2 3) dalam Bahasa Inggris
penggunaantensesgrammarbahasainggris.bahasa inggrisbahasa inggris/.../c...
18 Feb 2012 – [pdf]Berikut ini adalah Kata Kerja Bentuk 1 2 3 (Verb 1 2 3) Tentang Aturan Penggunaan Kalimat Majemuk Dalam Bahasa Inggris dalam ...
5. Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris Verb 1 2 3 | Belajar Grammar
belajargrammarbahasa inggris/.../kata-kerja-dalam-bahasa-inggris-verb...
8 Okt 2012 – Search Results for: kata kerja dalam bahasa inggris verb 1 2 3 ...penggolongan kata-kata sesuai dengan kelas dan fungsinya masing-masing ...
6. Tenses Bahasa Inggris, Simple Present Tenses
agitshare.bahasa inggrisbahasa inggris › Tenses Bahasa Inggris
4 Sep 2012 – Dalam rangka meningkat kan kemampuan bahasa inggris, terutama tenses nya. ... *V1 ( Kata kerja bentuk pertama ) ... Donna, Gita atau Orang ketiga tunggal, menggunakan Verb 1 + s/es. ... karena Simple Present Tenses ada 2 jenis, Nominal Simple Present ... NEGATIF (-) : Subject + is/am/are + not + 3 C ...
7. 1000 Kata Kerja dalam Bahasa Inggris dan Artinya « Namafbbahasa inggris
namafbbahasa inggris › Inggris Indo
COM – Daftar 1000 kata kerja (verb) dalam bahasa Inggris dari huruf awalan A s/d Z,... 2 September 2012 Tinggalkan Komentar Go to comments ... 17 Januari 2013 pada 16:09 | #1 ... 8 Januari 2013 pada 13:44 | #3 .... Kumpulan nama bayi dalam bentukeBook: Islami, Jawa, Kawi, Latin, Inggris, Kristen, Hindu, dll - Gratis!
8. Get Success UN Bahasa Inggris - Halaman 7 - Hasil Google Books
books.googlebahasa inggris/books?isbn=6020000885
Dadang Dachjar
Adapun pada kata kerja pasif ada to be (are, am, is) dan kata kerjanya dalam bentukverb 3. Berikut ini adalah contoh kalimat-kalimat dalam bahasa Indonesia. ... 2. Bujangan-bujangan itu membawa seekor keledai. 3. Para ksatria diserang ... 1 dan no. 2harus menggunakan rumus kata kerja aktif, yaitu subject + verb 1 + ...
9. Cara cepat dan mudah belajar bahasa inggris: Agustus 2012
caracepatdanmudahbelajarbahasainggris.bahasa inggrisbahasa inggris/2012...
12 Agt 2012 – 1. Terjemahkan cerita di bawah ini ke dalam bahasa Indonesia! .... 3. Cara mengubah verb 1 menjadi verb 2 adalah sebagai berikut: a. Kata kerja .... 3. Kata kerja yang dipakai adalah kata kerja bentuk ketiga (past participle).
10. Auxiliary Verbs Kata Bantu Bahasa Inggris | Belajar Bahasa Inggris ...
bahasa inggris.belajarbahasainggrisyukbahasa inggris/auxiliary-verbs-kata-ban...Bagikan
23 Jun 2012 – 1. Linking Verbs. Adalah kata kerja bantu yang berfungsi untuk ... Yes, Ido. 3. Have – has dan had. Berfungsi sebagai kata kerja biasa yang berarti “mempunyai”. ... Kalau Anda dihadapkan dengan 2 buah modals (Dalam bahasaIndonesia, ... Kata Kerja sesudah modal auxiliaryharus bentuk pertama. CAN ...




{ 21 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

terima kasih sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Owkowkokwokwok

Anonim mengatakan...

Maksih bro..

Anonim mengatakan...

Maksih bro..

Anonim mengatakan...

thanks gann

Holaning mengatakan...

Terimakasih, ini membantu sekali. Saya sedikit kesulitan dengan verb dan semasa sekolah sering salah karena verb ๐Ÿ˜‚

Unknown mengatakan...

thanks

Unknown mengatakan...

THX.For this information miss.

Unknown mengatakan...

THX.For this information miss.

Unknown mengatakan...

Tanks very much infonya๐Ÿ˜Ž

Aula Aulia mengatakan...

Thx very much

Femmy Roseline Tidayoh mengatakan...

Terima kasih banyak....
Saya jadi lebih mengerti...

Unknown mengatakan...

thanks bang
saya semakin tau perbedaannya

Unknown mengatakan...

Tnks sangat bermanfaat sekali

Unknown mengatakan...

Informasinya rinci padat dan jelas. Terimakasih mimin tapi lebih banyakan lagi infonya yah mimin ...

Unknown mengatakan...

Thx bang

Unknown mengatakan...

Kerennnn merci

Tokocarlin mengatakan...

thanks so much for your blog

Unknown mengatakan...

Terimakasih ilmu nya gw jadi paham tentang Verb dalam bahasa inggris

johan mengatakan...

thanks ilmunya.klo bisa ditambah lagi

Unknown mengatakan...

Makasih ilmunya ๐Ÿ˜Š

Posting Komentar